Bagi kamu-kamu yang baru lulus dan mau mulai bekerja, atau baru pindah dari suatu perusahaan ke perusahaan lainnya, dibawah ini ada 5 tips menarik.

Perhatikan bahwa "kesan pertama begitu berharga", karena itu yang biasanya paling diingat oleh atasan / rekan kerja.



1. Awali dengan semangat baru.
Terutama buat kamu-kamu yang berhenti dari kerjaan lama, ingat bahwa sebelum memulai kerjaan baru, kamu mesti dalam keadaan segar (lupakan masalah di kerjaan lama - format otak km), cukup istirahat pas liburan, dan tidur nyenyak pada malam sebelum km mulai hari kerja pertama.
Kalo kamu merasa segar, kamu akan memulai hari-harimu dengan melakukan yang terbaik.

2. Pelajari kebudaaan kantor.
Pada awal-awal kerja, ada baiknya kamu menaruh banyak perhatian pada hal2 kecil - kalo perlu datang 30 menit lebih awal dan pulang 30 menit lebih lambat. Dengan begitu km jadi punya waktu lebih untuk melihat sekitar.
Apa bos dan teman2 lebih suka email-email-an, telp2an, ato langsung saling berhadapan untuk berkomunikasi? Jam berapa biasanya mereka makan siang? Siapa yang biasa pulang paling telat (paling rajin) - Bos kah? Baju yang digunakan di kantor?


3. Perjelas kewajiban kamu.
Penting bagi kamu: lebih aktif bertanya tentang kewajiban2 km - bagaimana tugas2 yg harus km lakukan, kumpul kapan, kapan evaluasi, hal penting yang harus km perhatikan. Hal-hal ini memicu kamu untuk berdiskusi dengan bos kamu - sekaligus membantu kamu jadi lebih mengenal bos dan dapat mengerjakan tugas sesuai harapan dia.


4. Kenali teman sekerja.
Perkenalan km dengan teman sekerja - terutama jika dia setim, jangan hanya sekedar tau nama. Ada baik nya km berinisiatif menyapa dan ajak dia ngobrol duluan. Misalnya pas lagi santai2 minum kopi, atau istirahat makan siang. Penting bagi km untuk mengenal posisi dia, apa kewajiban2 dia (bandingkan dengan kewajiban km), sehingga pada saat bekerja bareng, bs saling mengisi.


5. Buat target.
Ada baiknya km menyiapkan strategi - apa yg akan kamu lakukan dalam 30 hari pertama kerja. misalnya km menargetkan - km bakal ngerti software yg di pake di kantor, ato dah kenal minimal 3 teman kerja buat makan siang bareng. Kalau punya target - km jadi punya bahan buat nge-review perjalanan kerja km selama 30 hari.


Paling penting sih mau terbuka dan beradaptasi di lingkungan kerja yang baru. kenyataan emang lebih kejam sih. banyak yang mengatakan kerja sangat mengerikan - terutama bagi wanita2 (dengar2 cerita teman2). Kalo emang ga tahan - pindah kerja aja.

Tapi hidup kan sebuah tantangan, kita harus kuat menghadapinya. Kalo lari dari kenyataan terus - kapan kita bisa maju? Kapan bisa naek pangkat? kapan naek gaji???


Diadaptasi dari: http://msn.careerbuilder.com/custom/msn/careeradvice/viewarticle.aspx?articleid=1206&SiteId=cbmsnhp41206&sc_extcmp=JS_1206_home&GT1=10661&cbRecursionCnt=1&cbsid=87fbdb7c86c646d49ddeb8a978c24c16-250020002-KC-5


0 komentar:

Posting Komentar